Sabtu, 04 Mei 2013

Aku Rindu Ikut Doa Rosario.

Tak terasa sudah bulan Mei. Yang ku ingat di bulan Mei selalu ada doa rosario di lingkungan tempatku, gak tau kalau lingkungan yang lain hehe....
Tetapi, sudah begitu lama aku tidak ikut doa rosario di lingkungan. Karena apa? Alasannya karena capek, malas, banyak tugas, dll. Pokoknya jika mendengar ada doa-doa di lingkungan rasanya malas dan malas. Terakhir kali aku ikut doa rosario di lingkungan kapan ya? aku sudah lupa. Sepertinya saat aku masih SMA atau SMP dulu. Wah... sudah lama banget! Selama ini aku ngapain ya? Malaskah?

Di SMP maupun di SMA aku sudah mulai jarang berdoa rosario. Mungkin hanya satu atau dua kali aku ikut doa rosario di lingkungan. Aku terlalu banyak tugas itu alasanku. Padahal sebenarnya bisa ga ya aku menyempatkan sedikit waktuku untuk berdoa- "doa rosario." Aku berpikir seharusnya aku bisa, tetapi sugesti-sugesti dalam otakku mengatakan "aku malas dan banyak tugas."

Masih ingat dulu waktu aku masih SD, aku diajak bapak, ibu, dan kakakku untuk ikut doa rosario di lingkungan. Masih ingat aku waktu itu begitu semangat mengikuti doa-doa di lingkungan. Masih ingat waktu itu aku selalu punya kalung "tesbeh" rosario. Masih ingat waktu itu aku paling suka tesbeh rosario yang posfor, benar ga ya aku menyebutnya, pokoknya tesbeh rosario yang bisa menyala di malam hari. Masih ingat waktu itu aku bersama teman-teman SD-ku dengan semangat ikut doa rosario, sampai kami berlomba untuk mendapatkan giliran doa Salam Maria paling banyak dalam doa rosario, hehe rasanya bangga dan menang setiap kali aku bisa mendapatkan giliran doa Salam Maria paling banyak. Kami rela berebut datang lebih awal untuk mendapatkan tempat duduk yang paling dekat dengan seseorang yang memimpin doa rosario, supaya mendapatkan giliran doa Salam Maria paling banyak. Haha begitu lucunya.

Tetapi begitu SMP, SMA, sampai sekarang masih belum lulus kuliah, aku berbeda. Aku tidak lagi aktif ikut doa rosario di lingkungan.

Tanggal 3 Mei 2013, kemarin malam tepatnya,
Aku pengen ikut doa rosario lagi di lingkunganku. Tidak tahu kenapa aku pengen ikut? tapi aku hanya pengen ikut. Awalnya aku lagi sibuk di laptop-ku, sibuk mengcopy foto-foto OMK ke flashdisk. Bapakku mengambil buku kidung adi dan mencari tesbeh rosarionya. Tanyaku pada bapak, "arep nang di Pak?"
Jawab bapakku, "arep doa rosaria." Jawabku, "bareng Pak, aku pengen melu." Jawab bapakku, "yo ayo."
Karena aku lama sibuk mencopy foto-foto OMK yang akan ku berikan kepada teman, yang rencananya foto-foto itu akan digunakan untuk presentasi pengenalan OMK kami saat acara anjangsana dengan OMK Boro hari sabtu malam ini. Bapakku pun pergi ke Kapel duluan. Sendirian!. Ibuku, kakakku, dan adikku. Juga tidak ikut doa rosario. Tidak tahu mengapa ibuku yang dulu ku kenal seorang yang rajin dan semangat ikut doa-doa di lingkungan, akhir-akhir ini tidak lagi aktif. Seingatku semenjak ibuku sudah tidak jadi pengurus di lingkungan, dia tidak lagi aktif di lingkungan. Aku sedih melihatnya... ya sangat sedih. Aku senang melihat ibuku yang dulu yang aktif di lingkungan, ibuku yang dekat dengan Tuhan. Dan aku akan lebih senang jika ibuku tetap aktif meskipun dia sudah tidak jadi pengurus lingkungan sekalipun. "Tuhan berkati ibuku supaya kembali aktif di gereja-Mu."
Ok lanjut ke ikut doa rosario.

Tepat jam 18.30 WIB sebelum ke Kapel aku mencari tesbeh rosarioku. Di kamarku aku sibuk mencarinya tapi, tidak juga ku temukan. Aku langsung ke kamar adikku dan pinjam tesbeh rosario milik adikku. Kemudian aku pun meluncur ke Kapel di tempatku untuk menyusul bapak mengikuti doa rosario. Sampai Kapel, ku lihat hanya ada 4 orang yang ikut doa rosario ditambah aku jadinya 5 orang. Sedikit banget ya? Berbeda dengan dulu waktu aku masih kecil yang ikut doa rosario banyak banget. Kemana sebenarnya orang-orang? Apakah mereka juga sibuk dengan kerjaannya masing-masing?..
haha gak usah bertanya yang enggak-enggak, la wong aku saja malas ikut doa rosario.

Sempat terlintas di benakku saat selesai doa rosario. Kemana ya tesbeh rosarioku, kok gak ada. Apa aku benar-benar sudah melupakan doa rosario sampai-sampai aku tidak ingat lagi kemana tesbeh rosarioku?
Kadang saat aku pergi ke tempat-tempat ziarah di goa-goa Maria, aku sering mengabaikan penjual tesbeh rosario, karena aku pikir aku masih punya tesbeh itu di rumah. Tetapi, kemarin malam baru aku sadari, aku sebenarnya sudah tidak punya tesbeh rosario lagi. Baru aku sekarang menyadarinya. Aku benar-benar telah lama meninggalkan-Nya.

Baik,. aku kemarin telah lama melupakan doa rosario tetapi sekarang aku rindu untuk ikut doa rosario.
Terkadang alasanku malas ikut doa rosario karena, doa rosario itu membosankan dan membuat ngantuk saja. Tetapi kini aku beranggapan bahwa doa rosario mengajarkan kesabaran seseorang dalam berdoa kepada Bunda dan Tuhannya.
Well... Selamat bulan Mei..selamat berdoa "rosario khususnya."

GBU All :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ditunggu komentar-komentarmu :D